Webinar Dengan Tema Strategi Dan Peningkatan Produktifitas Industri Kecil Menengah Di Tengah Situasi Pandemi

Anda juga bisa mencoba jual parcel yang berisikan sembako mulai dari beras, gula, kopi, mie instan, minyak goreng, ikan sarden kaleng, dan lainnya. Untuk mendapatkan harga sembako yang murah, carilah agen yang menawarkan harga murah juga. Semua kita yang atur, kita yang olah, dan dapat dilakukan sesuai minat dan kemampuan kita. Terlebih sekarang sudah mulai merambah ke era society 5.zero dimana perkembangan tekonologi sudah semakin canggih. Hal ini bisa dijadikan peluang bagi siapapun yang ingin berwirausaha karena jaman sudah semakin mudah,” imbuh Wahyu. Dalam kesempatan yang sama, Owner & Chief Executive Officer LEADER Indonesia, Wahyu Triono, S.Pd., MAP., Ks.

Berikut 10 ide inovasi paling sederhana yang dapat diikuti oleh para pelaku usaha kecil dan menengah seperti dikutip dari The 50 Survival Innovation Ideas That Matter dari Inventure Knowledge. Berbagai inovasi terus dilakukan sehingga bisnis yang dijalankan bisa tetap survive dan bertahan di tengah krisis Covid-19 ini. Yuswohady, Managing Partner Inventure dalam laporannya menyebutkan sedikitnya terdapat 50 inovasi yang dilakukan perusahaan untuk bertahan bahkan menyalip para pesaingnya di tengah krisis. Selain itu, pola hidup masyarakat yang bekerja hingga malam hari membuat mereka lebih sering memesan makanan ketimbang makan di rumah. Perilaku tersebut didukung oleh perkembangan teknologi dan internet.

Manfaatkan semaksimal mungkin kehadiran media sosial dan berbagai kanale-commerceataumarketplaceuntuk memasarkan produk Anda. Bila perlu, colek satu-satu teman Anda yang potensial menjadi pelanggan. Dengan menawarkan produk berkualitas dan layanan yang baik, bisnis Anda kelak bisa terbantu dari promosi mulut ke mulut aliasword of mouthmarketing. Anda juga bisa memanfaatkan jurus promosi memanfaatkan iklan online baik itu melalui Facebook atau Instagram. Sebaliknya, apabila Anda memang sudah terkena pemutusan hubungan kerja atau dirumahkansampai batas yang belum pasti, Anda memiliki keleluasaan waktu untuk menjalankan usaha baru secara lebih fokus. Namun, karena usaha baru ini menjadi tumpuan baru pendapatan sedang penghasilan rutin Anda tengah terpukul, pastikan Anda bijak menggunakan modal kerja sembari tetap serius menjalankannya.

Jika terpaksa makan di tempat makan, mereka cenderung membawa alat makan dan minum pribadi. Selain menjual produk dengan harga terjangkau, mereka juga melakukan promo gratis ongkir dan potongan harga. Mereka mampu menjual kopi literan sebanyak 500 botol dalam sehari sejak produk tersebut menjadi tren selama pandemi. Bisnis saat pandemi juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan ability Anda, lo.

Ketua Asosiasi tersebut, Anas Anis memaparkan bahwa bisnis tanaman hias benar-benar dapat menjanjikan di tengah pandemi. Selain ikan cupang, tanaman hias juga menjadi salah satu hobi baru atasi penat di tengah pandemi. Tren memelihara tanaman hias dinilai mengalami peningkatan yang signifikan. Pebisnis ikan cupang dari Kediri, Agus Torif Yusuf mengaku bisnisnya justru melejit saat pandemi. Dalam sebulan, ikan cupang milik Agus justru mengalami lonjakan permintaan dari dalam maupun luar negeri.

Di saat Pandemi, aktifitas di luar rumah dibatasi dan sebisa mungkin tidak kemana-mana, kecuali untuk hal yang begitu mendesak. Dan hal ini justru membuat seseorang lebih sering menyimpan makanan agar intensitas keluar rumah bisa dikurangi. Apalagi bagi orang yang tidak piawai memasak, sehingga lebih sering membuat makanan yang cenderung simpel dan mudah, seperti Frozen food misalnya. Tak hanya itu, Anda bahkan bisa meraih pendapatan tambahan dari bisnis pembuatan website lewat afiliasi. Oleh sebab itu, banyak orang lebih memilih membawa bekal dari rumah.

Bisnis mahasiswa saat corona

Dalam hadis yang diriwayatkan Muslim turut disebutkan pula bahwa Rasulullah Saw melarang jual beli dengan lempar kerikil, dan jual beli gharar . Pada situasi pandemi seperti ini, kolaborasi semua pihak dalam rantai pasok sangat diperlukan, tidak hanya pelaku utama saja, melainkan peran pelaku pendukung pun diperlukan dan harus dilakukan. Perubahan atau tindakan yang diambil oleh salah satu anggota rantai pasok akan berdampak pada anggota rantai pasok yang lain.

Minuman dingin bisa menjadi salah satu prospek bisnis yang menggiurkan. Popularitasnya tidak pernah berkurang dan hampir siapa saja menyukai minuman dingin. Anda bisa mencoba untuk memulai bisnis dan membuka gerai aneka minuman dingin di depan rumah Anda.

Dirinya juga tetap memberikan sikap optimis bahwa semua akan kembali baik lagi, semua akan naik lagi. Ia mengakui di masa pandemi COVID-19 ini hampir semua sektor lesu, namun dirinya menegaskan tidak ada untungnya mengeluh sebab semua sektor ekonomi turun. Seperti diketahui, pemerintah mengimbau masyarakat untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Namun ternyata bencana pandemi ini juga memunculkan peluang-peluang usaha menjanjikan, yang dapat Anda coba untuk tetap bertahan hidup di masa krisis seperti saat ini. Pergeseran perilaku manusia ini akan memunculkan peluang usaha menjanjikan yang sebelumnya mungkin belum pernah terpikirkan. Nah, berikut ini ulasan beberapa peluang usaha baru berikut yang mungkin dapat Anda lakukan untuk bertahan hidup di situasi krisis seperti saat ini.

Tentu saja, situasi ini benar-benar menakutkan, terutama bagi mereka yang secara langsung terkena dampak krisis. Tetapi di sisi lain, kami percaya ada ide-ide dan peluang bisnis baru yang muncul dari krisis seperti ini. Faktanya, ada cukup banyak ide yang muncul dalam dua minggu terakhir, yang mendorong kami untuk mengumpulkan gagasan bisnis dan orang-orang di belakangnya, yang siap membuka peluang dan harapan baru. Dalam kondisi regular, penjadwalan ulang atau restrukturisasi piutang yang dilakukan oleh pemberi pinjaman mengindikasikan adanya PSRK dan diikuti dengan pembentukan penyisihan KKE sepanjang umur. Debitur yang bisnisnya terkena dampak signifikan dari pandemi Covid-19 mungkin saja akan berhasil pulih dalam masa krisis pandemi Covid-19 berkat kebijakan-kebijakan relaksasi otoritas/pemerintah. Sebaliknya mungkin saja debitur yang bahkan sudah menerima fasilitas jeda pembayaran atau restrukturisasi dari pandemi Covid-19 tetap saja tidak dapat bertahan dan mengalami gagal bayar setelah pandemi Covid-19 berakhir.